Auto DrCara Merangkai Jurnal Praktikum Perkuliahanaft

By | December 30, 2020

Membuat jurnal adalah hal yang susah bagi anda yang baru saja memasuki dunia perguruan tinggi. Jurnal merupakan bagian penting untuk tugas. Setiap kali dosen memberikan tugas, anda harus bisa menyajikannya dalam bentuk jurnal.

Banyak orang masih tidak mengenal struktur jurnal atau tata cara menulis sebuah jurnal praktikum yang bagus. Dengan itu, kami akan memberikan teman teman semua bimbingan dalam menulis jurnal. Jadi pastikan anda membaca artikel berikut ini dan simak langkahnya bersama Academia. Kami yakin siapa saja bisa membuat jurnal dengan baik untuk mendapatkan nilai tertinggi setelah mengenal tata cara menulisnya.

Apa Itu Jurnal?

Jurnal adalah format penulisan yang digunakan dalam sebuah tugas praktikum. Dalam sebuah jurnal, penulis harus bisa mengangkat berbagai teori dari sebuah praktikum. Dalam jurnal, ada banyak sekali informasi terstruktur dimulai dari dasar teori, cover, judul, tujuan percobaan, cara kerja, hingga jenis jenis bahan yang digunakan dalam praktikum. Hal seperti persiapan dari percobaan juga akan dibahas di dalam jurnal. Jurnal bisa dibilang sebuah awalan yang akan melengkapi hasil dari percobaan anda nantinya. Jika ingin membuat sebuah laporan, kami sangat menyarankan anda membaca artikel kami selanjutnya mengenai laporan.

Membuat sebuah jurnal yang lengkap dan terstruktur bisa menjamin anda nilai yang tinggi. Jadi pastikan bahwa anda memahami tata cara penulisan berikut ini.

Struktur Penulisan Jurnal Praktikum Perkuliahan:

Cover Halaman

Sebelum masuk ke tata cara penulisan, ada juga beberapa hal teknis yang harus dikenal oleh teman teman Academia. Cover halaman ini penting supaya laporan anda memiliki kredibilitas. Di dalam halaman depan, akan tertera nama lengkap, nomor pelajar, identitas, tanggal, judul jurnal, dan juga logo dari instansi. Contohnya adalah universitas A dan sebagainya. Akan ada struktur sendiri jika anda ingin membuat cover. Jadi pastikan anda melihat dari Google untuk menemukan cover yang bagus untuk halaman depan ini.

Tujuan Percobaan

Langkah selanjutnya, skema penulisan jurnal anda akan dimulai dengan sebuah tujuan percobaan. Tujuan percobaan ini berfungsi sebagai panduan bagi teman teman semua. Sobat Academia yang ingin menulis jurnal dengan baik wajib memiliki tujuan bukan? Ini supaya tulisan dan semua teori yang akan dibahas bisa tetap relevan kepada topik utama dari percobaan anda. Tujuan percobaan dituliskan dalam bentuk poin poin penting.

Jadi anda dapat menggunakan fitur bullets dari microsoft Word dalam mempermudah proses penulisan tujuan percobaan. Tujuan percobaan dapat dibatasi menjadi 2 hingga 4. Jangan menaruh terlalu banyak tujuan percobaan karena ini akan membuat jurnal dan laporan anda terlalu susah untuk ditulis nantinya.

Dasar Teori

Dasar teori menjadi landasan utama berdirinya sebuah jurnal. Setiap jurnal membutuhkan yang namanya dasar teori sebagai acuan utama dalam penulisan. Pada dasarnya, dasar teori ditulis dalam bentuk paragraf. Anda bisa menggunakan beberapa teori asli dari ilmuan ilmuan lainnya. Kemudian tambahkan juga hipotesis atau apa yang mungkin terjadi di dalam percobaan tersebut. Ini kemudian diikuti dengan sedikit pembahasan mengenai percobaan yang akan terjadi. Dasar teori juga dapat menyertakan sedikit hukum atau rumus untuk perhitungan nantinya.

Bahan Percobaan

Berikutnya, jurnal juga memiliki bahan percobaan. Di bagian satu ini, anda harus menampilkan dan menuliskan semua bahan praktikum yang digunakan. Namun tidak hanya itu, bagian ini juga harus dibagi menjadi dua bagian lo teman teman Academia. Pertama, anda harus membuat poin A. yaitu alat yang digunakan. Alat ini adalah seperti beaker, bunsen pembakar, spiritus dan lain lain. Sedangkan pada bahan percobaan poin B, teman teman Academia dapat menyertakan senyawa yang digunakan dalam percobaan.

Material Safety Data Sheet

MSDS atau material safety data sheet menjadi bagian yang mengikut bahan percobaan. Pada MSDS, teman teman harus menyertakan semua data terkait bahan uji yang digunakan. Nama dari bahan uji harus dicantumkan dengan detail. Dimulai dari berat molekul, cara mengatasi bahaya dari senyawa, dan lain lain. Bagian ini dapat anda copy paste saja langsung dari internet. Ada banyak safety data sheet yang bisa dicari dalam bentuk PDF. Lengkapi juga bagian temperatur seperti titik didih, bau material, dan juga wujud.

Cara Kerja

Bagian terakhir dari jurnal anda adalah cara kerja. Cara kerja menjadi bagian terpenting karena disinilah anda bisa memberikan panduan secara detail. Namun, cara kerja harus ditampilkan dalam bentuk flow chart. Jangan menampilkan cara kerja dengan menggunakan teks atau paragraf biasa. Karena cara kerja dapat dibuat menggunakan text box pada microsoft word. Dengan ini, jurnal praktikum anda sudah selesai. Sekian untuk artikel kami, sampai jumpa di artikel selanjutnya. Untuk ilmu pengetahuan lainnya dapat Anda temukan di website https://academia.co.id/